STAI Cendekia Insani Berpartisipasi dalam Rapat Pimpinan PTKIS Menuju Universitas Unggul di Surabaya

Surabaya, 27 – 28 April 2024. Dalam rangka meningkatkan standar pendidikan tinggi keagamaan Islam, STAI Cendekia Insani, diwakili oleh Ketua Ibu Halimatus Sa’diyah, M.Pd., turut serta dalam Rapat Pimpinan dan Penguatan Tata Kelola Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) yang bertujuan mencapai status universitas unggul. Acara ini, yang diadakan di Hotel Santika Premiere, Surabaya, mengumpulkan pemimpin pendidikan dari Kopertais Wilayah IV Surabaya, serta narasumber terkemuka dalam bidang pendidikan Islam.

Selama dua hari, para peserta mengikuti agenda yang padat dan berfokus pada penguatan tata kelola serta peningkatan mutu pendidikan keagamaan Islam. Hari pertama dimulai dengan proses registrasi, dilanjutkan dengan makan siang yang juga menjadi kesempatan untuk jaringan sosial di antara peserta. Setelah pembagian kamar, agenda dilanjutkan dengan persiapan dan pelaksanaan sesi pembukaan yang diisi oleh Prof. Akh. Muzakki, Koordinator Kopertais Wilayah IV, yang menggarisbawahi pentingnya akreditasi dan peningkatan mutu pendidikan.

Prof. Dr. H. Abu Rokhmad, M.Ag., Plt. Direktur Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, memberikan taujihat akademik mengenai kebijakan peningkatan mutu pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Kementerian Agama RI. Sesi ini memicu diskusi interaktif tentang strategi-strategi implementasi kebijakan tersebut di tingkat institusi.

Sore hari diisi dengan sesi materi yang dibawakan oleh Dr. M. Hasan Ubaidillah, yang membahas overview layanan akademik dan ketenagaan pada PTKI di Kopertais IV Surabaya. Diskusi ini sangat penting mengingat layanan akademik dan ketenagaan adalah komponen kunci dalam pengoperasian perguruan tinggi yang efektif.

Hari kedua dimulai dengan persiapan forum yang berfokus pada implementasi program kerja. FORPIM KOPERTAIS IV memaparkan beberapa strategi yang telah dan akan dilaksanakan untuk memastikan bahwa perguruan tinggi memenuhi standar yang diharapkan. Materi lanjutan yang disampaikan memperdalam pemahaman tentang tata kelola yang efektif menuju akreditasi unggul.

Acara ditutup dengan sesi oleh Dr. Sumarkan, M. Ag., dan Dr. M. Hasan Ubaidillah, menandai kesimpulan dari diskusi produktif dan rencana aksi yang akan diambil. Konsensus umum yang tercapai adalah bahwa peningkatan mutu pendidikan dan tata kelola institusi adalah prioritas yang harus terus ditingkatkan melalui kerjasama antar perguruan tinggi.

Melalui partisipasi aktif dalam kegiatan ini, STAI Cendekia Insani menunjukkan komitmennya terhadap peningkatan kualitas pendidikan tinggi Islam dan tata kelola yang baik. Rapat ini tidak hanya menjadi wadah pertukaran ide dan strategi, tetapi juga menegaskan posisi STAI Cendekia Insani dalam jaringan pendidikan tinggi keagamaan yang lebih luas. Kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi lembaga pendidikan lain untuk secara proaktif meningkatkan standar dan kualitas mereka, sekaligus mendukung tujuan bersama menciptakan universitas-universitas unggul yang diakui baik di tingkat nasional maupun internasional.

Tinggalkan Balasan