KKN ABCD STAI Cendekia Insani Situbondo di Posko 5 Desa Bantal telah menorehkan inisiatif kreatif dalam mengembangkan potensi lokal. Dibimbing oleh Ibu Sasmita Nurfaradisa, M.H. dan dipimpin oleh Nuril Fadilah sebagai koordinator, program ini menggandeng ibu-ibu PKK Desa Bantal dalam pelaksanaannya pada 13 Januari 2024. Program “Pembuatan Snack Kates” ini tidak hanya sekadar pelatihan keterampilan, tetapi juga menjadi langkah strategis dalam menggalakkan kemandirian ekonomi. Melalui program ini, diharapkan akan tercipta produk lokal yang unik dan berkualitas, membuka peluang pasar baru dan meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Bantal.

Dalam pengembangan program “Pembuatan Snack Kates”, KKN Posko 5 berfokus pada penggunaan bahan lokal dan metode produksi yang berkelanjutan, memperkenalkan teknik pembuatan makanan ringan yang sehat dan ramah lingkungan. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya nutrisi dan konsumsi produk lokal.

Selain itu, inisiatif ini juga dirancang untuk memberikan pelatihan pemasaran dan branding, sehingga snack kates ini tidak hanya dikenal di Desa Bantal, tetapi juga dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan pendekatan ini, KKN Posko 5 STAI Cendekia Insani berharap bisa memberikan dampak yang berkesinambungan, tidak hanya dalam aspek ekonomi, tetapi juga dalam pemberdayaan komunitas, khususnya perempuan di Desa Bantal. Program ini menjadi simbol kerjasama, inovasi, dan komitmen terhadap pembangunan masyarakat yang holistik.

Kegiatan ini juga berpotensi memberikan inspirasi bagi desa-desa lain dalam mengembangkan potensi ekonomi lokal mereka, serta menjadi model kerjasama yang efektif antara perguruan tinggi dan komunitas desa. KKN Posko 5 STAI Cendekia Insani telah menunjukkan bagaimana program yang dirancang dengan baik bisa membawa manfaat yang signifikan bagi masyarakat, menggabungkan pembelajaran akademis dengan aplikasi praktis di lapangan. Dengan program ini, harapan besar tertuju pada kemajuan Desa Bantal, bukan hanya dalam hal ekonomi, tetapi juga dalam aspek sosial dan lingkungan.

Selain fokus pada program Pembuatan Snack Kates, KKN Posko 5 STAI Cendekia Insani di Desa Bantal juga telah mengembangkan serangkaian program lain yang beragam dan menyeluruh. Ini termasuk pelatihan Tajhizul Mayyit yang bekerjasama dengan LPM Bantal dan PAR NU Bantal. Program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengurus jenazah sesuai dengan tuntunan agama, yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Bantal. Selain itu, KKN Posko 5 juga menyelenggarakan bimbingan belajar (bimbel) juga menjadi bagian dari inisiatif KKN untuk meningkatkan akses terhadap pendidikan dan literasi di desa. Program-program ini merupakan refleksi dari komitmen tim KKN untuk memberikan kontribusi positif dan berkelanjutan terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat desa.

*Tim Redaksi

Tinggalkan Balasan