Situbondo, 28 Januari 2024 – Dalam suasana yang penuh semangat dan harapan, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Cendekia Insani Situbondo menggelar pelantikan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) untuk tahun akademik 2023-2024. Acara pelantikan ini bukan hanya sebuah seremoni, tetapi juga sebuah manifestasi dari tema besar yang diusung: “Menjunjung Tinggi Loyalitas, Membangun Sumber Daya Berintegritas dan Menciptakan Generasi Berkualitas”.

Ketua BEM yang baru dilantik, Frisky Bilfirdausillah, bersama dengan pengurus lainnya, diresmikan dalam acara yang berlangsung khidmat. Pelantikan ini semakin istimewa dengan kehadiran Badan Eksekutif Mahasiswa dari perguruan tinggi lain, termasuk BEM Universitas Ibrahimy Kota dan STAI Ahmad Sibawayhie (STAIAS) Situbondo, menandakan solidaritas dan dukungan lintas institusi pendidikan tinggi.

Acara pelantikan dihadiri pula oleh Ketua STAI Cendekia Insani, Ibu Halimatus Sa’diyah, M.Pd., yang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada BEM eksternal dari STAI Ahmad Sibawayhie dan BEM Universitas Ibrahimy serta perwakilan dari IPNU dan IPPNU Panarukan. Ibu Halimatus Sa’diyah menekankan bahwa pelantikan ini bukan hanya pergantian kepemimpinan, tetapi juga sebagai estafet dalam organisasi yang akan terus berkembang secara sirkuler.

Acara pelantikan BEM STAI Cendekia Insani juga menjadi momen apresiasi dan penghormatan kepada pengurus BEM sebelumnya, yakni Abdul Malik Karim Amrullah Pohan. Ibu Halimatus Sa’diyah, dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada presiden BEM periode lalu atas dedikasi dan perjuangannya selama memimpin. Beliau menekankan bahwa usaha dan pengorbanan yang telah dilakukan merupakan ladang pahala dan akan menjadi bekal berharga bagi mereka di masa depan, baik dalam kehidupan profesional maupun sosial.

Dalam momen bersejarah ini, presiden BEM periode sebelumnya juga diberi kesempatan untuk berpamitan. Ia mengingatkan generasi penerus tentang pentingnya menanamkan nilai-nilai perjuangan dan pentingnya berkorban tanpa pamrih demi kebaikan bersama.

Pelantikan diresmikan oleh Wakil Ketua III bidang Kemahasiswaan, Bapak Lukman Nul Hakim, M.Pd.I., yang secara simbolis menyerahkan tongkat estafet kepemimpinan. Serah terima jabatan dari presiden BEM sebelumnya kepada Frisky Bilfirdausillah menjadi momen penting, menandai dimulainya periode kepemimpinan baru.

Pelantikan ini tidak hanya merupakan perubahan dalam struktur organisasi tetapi juga simbol regenerasi dan harapan baru. Dengan semangat yang dibawa oleh Frisky Bilfirdausillah dan timnya, diharapkan BEM STAI Cendekia Insani Situbondo akan terus membawa perubahan positif dan signifikan, baik di lingkungan kampus maupun di masyarakat luas.

Acara pelantikan ini menjadi simbol komitmen BEM STAI Cendekia Insani untuk terus memajukan kualitas pendidikan dan aktivisme mahasiswa. Dengan kehadiran para tamu dari perguruan tinggi lain dan organisasi eksternal, tercipta suasana sinergi dan kolaborasi yang akan mendorong inisiatif dan program BEM yang lebih luas dan berdampak.

Penekanan pada tema “Menjunjung Tinggi Loyalitas, Membangun Sumber Daya Berintegritas dan Menciptakan Generasi Berkualitas” menjadi landasan bagi Frisky Bilfirdausillah dan timnya untuk mengimplementasikan program-program yang inovatif, berorientasi pada pemberdayaan mahasiswa dan kontribusi sosial. Mereka diharapkan tidak hanya fokus pada kegiatan kampus, tetapi juga memperluas jangkauan mereka ke masyarakat, membawa perubahan positif dan berkelanjutan.

Kesuksesan acara pelantikan ini menjadi pembuka yang baik bagi periode kepemimpinan baru BEM STAI Cendekia Insani. Dengan dukungan penuh dari civitas akademika dan rekan-rekan dari perguruan tinggi lain, diharapkan BEM di bawah kepemimpinan Frisky Bilfirdausillah dapat mewujudkan visi dan misinya dalam membawa STAI Cendekia Insani ke depan, mencetak generasi yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga memiliki integritas dan komitmen sosial yang tinggi.

Sebagai penutup acara, doa bersama dipimpin oleh Wakil Ketua I bidang Akademik, Dr. Ahmad Musaddad, M.Pd.I. Ini menjadi simbol harapan dan doa bagi masa depan BEM yang baru, agar dapat membawa STAI Cendekia Insani Situbondo ke arah yang lebih baik lagi.

Dengan acara yang diakhiri oleh doa dan harapan, BEM STAI Cendekia Insani diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya dan membawa perubahan yang bermakna bagi kampus dan masyarakat. Acara pelantikan ini bukan hanya sekadar pergantian kepemimpinan, tetapi juga perayaan dari semangat baru dan komitmen bersama untuk masa depan yang lebih cerah.

*Tim Redaksi