STAI Cendekia Insani Situbondo baru-baru ini menggelar acara penting dalam sejarahnya, yaitu proses re-akreditasi untuk program studi Manajemen Pendidikan Islam. Acara yang diadakan pada tangal 12 dan 13 Januari 2024 ini mendapat sambutan hangat dari Ibu Halimatus Sa’diyah, M.Pd., selaku ketua STAI Cendekia Insani dan Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Huda, K. Zuhri Romli, dalam sambutanya ibu ketua menyampaikan betapa pentingnya upaya berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas pendidikan serta memastikan kelayakan mutu pendidikan melalui akreditasi. Beliau juga berharap dua asesor dari Badan Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) tidak hanya mengkonfirmasi data-data yang sudah dikirim dengan bukti pendukung, akan tetapi juga melakukan pembinaan, bimbingan dan perbaikan demi peningkatan mutu di STAI Cendekia Insani Situbondo, khususnya pada prodi Manajemen Pendidikan Islam yang telah melakukan reAkreditasi hari ini, Prof. Dr. Rugaiyah, M.Pd. dari Universitas Negeri Jakarta, dan Prof. Dr. Rohmat, M.Ag, M.Pd. dari Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto, memimpin proses akreditasi ini.

Selama dua hari, STAI Cendekia Insani menjalani serangkaian penilaian yang komprehensif. Proses akreditasi ini bertujuan untuk menilai kelayakan dan efektivitas program pendidikan yang ditawarkan, termasuk peninjauan kurikulum, metode pengajaran, fasilitas pembelajaran, serta layanan dukungan untuk mahasiswa. Hal ini merupakan langkah penting bagi STAI Cendekia Insani dalam upayanya untuk terus berkontribusi pada peningkatan standar pendidikan tinggi di Indonesia.

Kegiatan ini juga mencakup dialog antara asesor dengan dosen, staf, dan mahasiswa, memberikan kesempatan untuk berbagi pandangan dan pengalaman dalam proses pembelajaran. Asesor mengapresiasi upaya institusi dalam menerapkan metodologi pembelajaran yang inovatif serta komitmen mereka dalam memberikan pendidikan berkualitas tinggi. kegiatan akreditasi di STAI Cendekia Insani tidak hanya menjadi sebuah evaluasi formal, tetapi juga membuka peluang untuk introspeksi dan inovasi. Diskusi-diskusi yang terjadi antara asesor dan seluruh komunitas akademik mengungkapkan berbagai aspek yang perlu ditingkatkan, sekaligus mempertegas kekuatan yang sudah ada, terutama menampilkan khas pesantren karena STAI Cendekia Insani Situbondo merupakan lembaga pendidikan tinggi yang berada dalam lingkungan pondok pesantren Nurul Huda Paowan Panarukan Situbondo.

Proses ini menggambarkan komitmen STAI Cendekia Insani untuk mencapai standar pendidikan yang lebih tinggi, serta mendorong kerja sama dan komunikasi yang lebih intensif antara dosen dan mahasiswa. Kehadiran asesor memberikan perspektif baru dan membuka dialog mengenai strategi pengembangan institusi untuk masa depan khsusunya pada program studi manajemen pendidikan islam.

Dalam proses akreditasi program studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) di STAI Cendekia Insani Situbondo, peran penting dimainkan oleh dua asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK), yaitu Prof. Dr. Rugaiyah, M.Pd. dan Prof. Dr. Rohmat, M.Ag, M.Pd. Mereka memberikan apresiasi kepada tim akreditasi yang dipimpin oleh Ketua Prodi Bapak Saiful Bahri, M.Pd.I., atas kerja sama dan solidaritas dalam menyiapkan dokumen pendukung akreditasi. Ini menandai komitmen STAI Cendekia Insani untuk mempertahankan standar pendidikan tinggi dan memperkuat kerjasama internal dalam peningkatan kualitas program studi MPI.

Di akhir acara, tim asesor menyampaikan bahwa STAI Cendekia Insani telah menunjukkan potensi yang besar dalam menyediakan lingkungan akademis yang kondusif untuk perkembangan intelektual mahasiswa. Komunitas STAI Cendekia Insani berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan, riset, dan layanan kepada mahasiswa, serta membangun jaringan yang lebih luas dengan institusi pendidikan lain di Indonesia dan internasional.

*Tim Redaksi

Tinggalkan Balasan