Senin, 5 Februari 2024, menjadi hari penting bagi mahasiswa semester VII dari tiga program studi di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Cendekia Insani Situbondo, yaitu Manajemen Pendidikan Islam, Hukum Keluarga Islam, dan Komunikasi Penyiaran Islam. Mereka melaksanakan pemaparan hasil kegiatan dan program yang telah dilakukan selama masa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari bulan November 2023 hingga Januari 2024.

Pemaparan ini bersifat individu, di mana setiap mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan dan menjelaskan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan selama KKN. Lebih dari itu, mereka juga diharuskan menjelaskan bagaimana program tersebut dirancang dan diimplementasikan berdasarkan metode ABCD (Asset-Based Community Development), yang menekankan pada pemanfaatan aset dan sumber daya yang ada di komunitas.

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk ujian yang sangat menantang, di mana setiap peserta harus memaparkan hasil kerja mereka di depan panel dosen yang telah ditunjuk oleh panitia. Panel ini terdiri dari nama-nama terkemuka di STAI Cendekia Insani, yaitu Ibu Halimatus Sa’diyah, M.Pd., Dr. Ahmad Musaddad, M.Pd.I, Lukman Nul Hakim, M.Pd.I, dan Bapak Imam Baidawi, M.Pd.I. Dosen-dosen ini bertugas tidak hanya untuk mengkonfirmasi hasil kegiatan, tetapi juga untuk mengelaborasi lebih lanjut mengenai kegiatan yang dilakukan mahasiswa dengan serangkaian pertanyaan yang mendalam.

Tujuan dari kegiatan pemaparan ini adalah untuk menguji seberapa jauh mahasiswa memahami dan mampu mengaplikasikan kegiatan KKN berdasarkan metode ABCD. Ini merupakan bagian dari tradisi akademik yang mendidik mahasiswa tidak hanya untuk berkegiatan, tetapi juga untuk memahami secara mendalam metode dan teori yang mendasari kegiatan tersebut.

Melalui pemaparan ini, mahasiswa dituntut untuk menunjukkan bukan hanya hasil kerja mereka selama KKN, tetapi juga kemampuan analisis, pemahaman konseptual, dan kemampuan presentasi. Ini menjadi kesempatan bagi mereka untuk membuktikan bahwa mereka tidak hanya telah berkontribusi secara signifikan kepada masyarakat selama KKN, tetapi juga telah memperoleh pemahaman yang mendalam tentang bagaimana menerapkan ilmu pengetahuan dan teori ke dalam praktik nyata.

Kegiatan ini juga menjadi momen penting bagi dosen untuk melihat langsung kemajuan dan perkembangan mahasiswa mereka, serta memberikan umpan balik yang akan sangat berharga bagi masa depan akademis dan profesional mahasiswa tersebut. Melalui kegiatan seperti ini, STAI Cendekia Insani Situbondo terus menunjukkan komitmennya untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga memiliki kemampuan aplikatif dan kontribusi nyata terhadap masyarakat.

Setelah sukses dengan pemaparan hasil kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiswa semester VII dari tiga program studi di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Cendekia Insani Situbondo memasuki fase selanjutnya dalam perjalanan akademik mereka. Kegiatan ini berlanjut dengan kewajiban menyusun jurnal pengabdian secara berkelompok, yang akan mencakup secara rinci kegiatan yang telah dilakukan selama masa KKN. Artikel pengabdian ini direncanakan untuk dipublikasikan di jurnal pengabdian kampus, baik secara internal maupun di kampus lain, sebagai dokumentasi dan diseminasi pengetahuan serta pengalaman berharga yang telah diperoleh selama program KKN.

Sesi penutupan kegiatan KKN tidak hanya menjadi momen refleksi dan penilaian dari kegiatan yang telah dilakukan, tetapi juga menjadi ajang penghargaan bagi kelompok-kelompok yang menunjukkan prestasi istimewa. Dua kategori penghargaan disiapkan, yaitu untuk peraih program unggulan KKN dan produk terbaik dari seluruh posko. Penghargaan untuk program unggulan terbaik diraih oleh Posko 1 yang berlokasi di Probolinggo, posko 1 ini di bawah bimbingan bapak Isro’ Puad, M.Pd. sementara penghargaan untuk produk terbaik diberikan kepada Posko 4 di Kumbangsari, Jangkar, Situbondo.

Prestasi Posko 1 dan Posko 4 tidak hanya menandakan keberhasilan dalam melaksanakan program dan menghasilkan produk yang berkualitas, tetapi juga mencerminkan keefektifan metode ABCD yang diterapkan selama KKN. Dosen Pembimbing Lapangan, Bapak Miftahul Arifin, M.Pd., yang membimbing Posko 4, turut merasakan kebanggaan atas prestasi yang diraih mahasiswanya, menganggap ini sebagai bukti dari kerja keras, dedikasi, dan inovasi yang telah ditunjukkan oleh mahasiswa selama berada di lapangan.

Publikasi jurnal pengabdian ini diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi dan referensi bagi mahasiswa lainnya, tidak hanya di STAI Cendekia Insani Situbondo tetapi juga di perguruan tinggi lain. Ini juga menjadi bukti nyata dari komitmen kampus dalam mendukung pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu pilar penting dalam pendidikan tinggi.

Dengan penobatan ini, diharapkan dapat memotivasi mahasiswa lain untuk terus berinovasi dan berkontribusi secara signifikan dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan KKN dan publikasi jurnal pengabdian menjadi sarana penting dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kesejahteraan masyarakat, sekaligus memperkuat jati diri mahasiswa sebagai agen perubahan sosial yang positif.

 

Posko 1

Posko 4

 

*Tim Redaksi

Tinggalkan Balasan