Peserta KKN Posko 1 STAI Cendekia Insani Situbondo di Desa Ranon, Pakuniran Probolinggo, di bawah besutan Bapak Isro’ Puad, M.Pd. selaku Dosen Pembimbing Lapangan. Peserta KKN Posko 1 telah mengambil peran aktif dalam pemberdayaan UMKM masyarakat dengan berbagai produk inovatif seperti sinom 1000 khasiat, kripik pisang, manisan pepaya, stik pepaya, pupuk organik, tanaman obat keluarga, dan gula semut. Gula semut menjadi produk unggulan karena kemudahan pembuatannya dan khasiat kesehatannya.

Selain itu, kegiatan KKN ini juga melibatkan berbagai perlombaan komunitas dan edukatif untuk semua umur dari semua tingkatan pendidikan dan komunitas. Purna tugas KKN ini diisi dengan kesan dan pesan yang berkesan, diakhiri dengan gebyar perlombaan dari berbagai kategori mulai dari murid PAUD hingga ibu rumah tangga, termasuk lomba Tahfidz, mewarnai, lari estafet, dan fashion show. Kegiatan ini tidak hanya mendorong kreativitas dan bakat, tetapi juga menghibur dan menyatukan komunitas Desa Ranon dalam semangat kebersamaan.

Program KKN Posko 1 STAI Cendekia Insani berakhir dengan momen-momen berkesan yang mencerminkan semangat kekeluargaan dan kebersamaan. Selain itu, peserta KKN berhasil menggabungkan aspek pendidikan, ekonomi, dan sosial dalam serangkaian aktivitas mereka. Dari pemberdayaan UMKM hingga lomba-lomba kreatif, setiap kegiatan memiliki tujuan yang jelas: menginspirasi, memberdayakan, dan mempererat ikatan komunitas Desa Ranon. Kegiatan ini membuktikan bahwa dengan kerjasama dan kreativitas, transformasi positif dalam masyarakat dapat terwujud.

Sebagai penutup, program KKN Posko 1 STAI Cendekia Insani di Desa Ranon tidak hanya meninggalkan kesan mendalam bagi peserta KKN, tetapi juga bagi seluruh masyarakat desa. Melalui berbagai kegiatan yang melibatkan semua lapisan masyarakat, program ini telah membuktikan bahwa pendidikan dan pemberdayaan masyarakat dapat berjalan seiring, menciptakan dampak yang berarti dan berkelanjutan. Inisiatif-inisiatif seperti ini menunjukkan bagaimana mahasiswa dapat berkontribusi secara positif dan bermanfaat dalam pengembangan masyarakat desa.

Tinggalkan Balasan