STAI Cendekia Insani Situbondo Gelar Bimtek Penyusunan Proposal dan Skripsi Tahun 2024

 

Situbondo, 21 Februari 2024 – Dalam upaya meningkatkan kualitas penulisan ilmiah mahasiswanya, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Cendekia Insani Situbondo menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Proposal dan Skripsi untuk semester genap tahun akademik 2023-2024. Kegiatan ini diadakan di Aula Kampus STAI Cendekia Insani, menandai komitmen institusi dalam mendukung keberhasilan akademik para mahasiswanya.

Acara ini dibuka oleh Bapak Lukman Nul Hakim, M.Pd.I, selaku ketua panitia pada pukul 08.30 WIB, dimulai dengan sesi pembukaan yang diikuti oleh seluruh mahasiswa dari tiga program studi yang ditawarkan oleh kampus: Manajemen Pendidikan Islam, Hukum Keluarga Islam, dan Komunikasi Penyiaran Islam. Ibu Halimatus Sa’diyah, M.Pd. juga berkontribusi sebagai pemateri pertama dengan topik “Sistematika Proposal dan Metode Penelitian” yang berlangsung dari pukul 09.00 hingga 11.00 WIB.

Sesi kedua, yang berlangsung dari pukul 11.30 hingga 13.00 WIB, dipandu oleh Ibu Hasiyatiningsih, M.Pd., yang mengajarkan tentang “Sistematika Penulisan, Pengetikan, Ukuran Kertas, dan Penulisan Footnote dengan Aplikasi Zotero”. Materi ini sangat penting bagi mahasiswa yang sedang dalam proses penyusunan skripsi, memberikan mereka alat dan teknik yang diperlukan untuk mempermudah proses penulisan dan dokumentasi sumber.

Bimtek ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa dari ketiga program studi yang ada, menunjukkan antusiasme tinggi dari mahasiswa dalam mempersiapkan proposal dan skripsi mereka. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pemahaman teknis dalam penyusunan karya ilmiah, tetapi juga memotivasi mahasiswa untuk menghasilkan penelitian yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat.

Kegiatan bimbingan teknis ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang baik bagi mahasiswa dalam menyelesaikan studi mereka dengan hasil yang memuaskan. STAI Cendekia Insani Situbondo terus berupaya menyediakan dukungan akademik yang kuat bagi mahasiswanya, menggarisbawahi pentingnya penelitian ilmiah sebagai bagian dari proses pembelajaran dan pengembangan diri.

Kesuksesan acara Bimtek Penyusunan Proposal dan Skripsi ini menegaskan komitmen STAI Cendekia Insani Situbondo dalam memfasilitasi mahasiswa dengan berbagai sumber daya dan dukungan untuk menyelesaikan studi mereka. Melalui sesi interaktif dan praktis ini, mahasiswa diberikan kesempatan untuk bertanya langsung kepada para pemateri, memungkinkan mereka mendapatkan pemahaman yang lebih dalam dan solusi atas tantangan yang mungkin dihadapi selama proses penulisan.

Selain aspek teknis penulisan dan penelitian, Bimtek ini juga menekankan pentingnya integritas akademik dan etika penelitian. Mahasiswa diajarkan untuk menghargai kejujuran akademik dan pentingnya mengutip sumber dengan benar, yang merupakan dasar dari penulisan ilmiah yang bertanggung jawab.

STAI Cendekia Insani Situbondo berharap bahwa kegiatan seperti Bimtek Penyusunan Proposal dan Skripsi ini dapat menjadi cikal bakal lahirnya peneliti-peneliti muda yang handal dan karya-karya ilmiah yang inovatif. Kampus ini berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan akademik mahasiswanya, mempersiapkan mereka tidak hanya sebagai lulusan yang berkompeten di bidangnya tetapi juga sebagai individu yang memiliki kepedulian sosial dan integritas moral yang tinggi.

Kegiatan ini menjadi bukti nyata dari upaya STAI Cendekia Insani Situbondo dalam membangun ekosistem pendidikan yang kondusif, dimana mahasiswa didorong untuk terus berkembang dan berinovasi. Melalui dukungan dan bimbingan yang komprehensif, diharapkan mahasiswa dapat melewati proses akademis mereka dengan hasil yang maksimal, siap menghadapi tantangan masa depan dengan keilmuan dan karakter yang kuat.

Tinggalkan Balasan