Pondok Pesantren Nurul Huda Gandeng Mahasiswa STAI Cendekia Insani dalam Pelatihan Publik Speaking untuk Santri

 

Situbondo, 23 Februari 2024 – Pondok Pesantren Nurul Huda kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas dan kemampuan santri melalui pelaksanaan Pelatihan Master of Ceremony (MC) yang berlangsung pada Jumat, 23 Februari 2024. Bertempat di Aula STAI Cendekia Insani, acara ini diikuti oleh seluruh santri putri Pondok Pesantren Nurul Huda Paowan Panarukan, dimulai dari pukul 13.00 WIB sampai dengan selesai.

Pelatihan ini diisi oleh Ira Faramisti, seorang mahasiswa STAI Cendekia Insani, yang memberikan arahan mendalam tentang bagaimana menjadi seorang MC yang efektif dan menginspirasi. Acara dimulai dengan pembukaan dan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Naisila Putri, diikuti oleh sambutan dari Meliyatul Maulidia Putri sebagai ketua panitia. Dalam sambutannya, Meliyatul menekankan pentingnya pelatihan ini untuk mengasah kemampuan berbicara di depan umum dan meningkatkan keberanian para santri.

Sesi materi pelatihan menyediakan wawasan tentang peran vital MC dalam menyukseskan sebuah acara, disertai dengan praktik langsung yang memungkinkan para santri untuk menerapkan teori yang telah dipelajari. Para peserta dibagi menjadi tiga kelompok, masing-masing dibimbing oleh Meliyatul Maulida Putri, Rifatur Riza, dan Ira Faramisti, yang semuanya adalah mahasiswa STAI Cendekia Insani yang terpilih.

Salah satu peserta, Amel, mengungkapkan kegembiraannya terhadap pelatihan ini. “Saya senang dengan kegiatan ini, bisa menambah wawasan dan meningkatkan kemampuan saya terutama di bidang Public Speaking yang nantinya pasti saya butuhkan,” ujar Amel.

Acara berakhir pada pukul 15.15 WIB dengan rasa syukur kepada Allah SWT atas kelancaran dan kesuksesan kegiatan. Pelatihan ini diharapkan tidak hanya meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum para santri, tapi juga mempersiapkan mereka untuk berkontribusi dan beradaptasi dengan baik di masyarakat.

Pondok Pesantren Nurul Huda berharap dapat terus menyelenggarakan kegiatan-kegiatan pengembangan diri seperti ini, mendukung santri dalam mengasah berbagai kemampuan yang relevan untuk masa depan mereka.

Dengan pelaksanaan pelatihan ini, diharapkan para santri dapat mengambil peran lebih aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan akademik, baik di lingkungan pesantren maupun saat mereka kembali ke masyarakat. Kemampuan untuk berbicara di depan umum yang baik merupakan aset berharga yang akan membantu mereka dalam menyampaikan ide, berdiskusi, dan berdebat tentang isu-isu penting dengan cara yang efektif dan meyakinkan.

Pondok Pesantren Nurul Huda berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan yang diberikan kepada para santri. Melalui inisiatif seperti pelatihan MC ini, pesantren berharap dapat membantu membuka lebih banyak pintu kesempatan bagi santri untuk berkembang dan sukses di masa depan.

Pujian dan terima kasih disampaikan kepada semua yang terlibat dalam keberhasilan pelatihan ini, termasuk para pemateri, panitia, dan tentunya para santri yang antusias mengikuti setiap sesi. Kegiatan ini tidak hanya menghasilkan manfaat jangka pendek dalam bentuk peningkatan keterampilan individu, tetapi juga manfaat jangka panjang dalam bentuk kontribusi yang lebih besar dan berarti bagi masyarakat.

Semoga kegiatan-kegiatan berharga seperti ini akan terus berlangsung di Pondok Pesantren Nurul Huda, menandai langkah pesantren dalam menciptakan generasi penerus yang siap menghadapi berbagai tantangan dengan keberanian, pengetahuan, dan keterampilan yang mumpuni.

Tinggalkan Balasan